You are currently viewing Hepa Filter – Lebih Baik di Cuci atau Diganti

Hepa Filter – Lebih Baik di Cuci atau Diganti

HEPA adalah singkatan dari high-efficiency particulate air yang merupakan sebuah filter yang dirancang agar dapat men-sharing atau mencegah partikel udara seperti debu, kotoran, partikel kecil dan mikroorganisme agar tidak masuk kedalam ruangan.

 Dengan hadirnya HEPA filter bertujuan untuk meningkatkan kualitas udara yang baik untuk di dalam ruangan. Selain itu juga HEPA filter ini dapat menghilangkan partikel udara sekecil 0,3 mikron seperti dilansir laman Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (EPA). 

Hal yang harus diperhatikan juga bahwa HEPA filter ini juga memiliki berbagai ukuran dan bentuk yang berbeda – beda, sehingga apabila ingin mengganti Hepa filter sebaiknya dicek terlebih dahulu. 

Apakah Hepa Filter Bisa di Cuci atau Tidak ?

Mungkin sebagian masyarakat ada yang bertanya – tanya pada diri sendiri mengenai hepa filter apakah bisa di cuci atau tidak? Sebelum mengetahui Hepa Filter bisa di cuci atau tidak, sebaiknya harus diperhatikan juga bahwa Hepa Filter ini banyak sekali digunakan oleh peralatan elektronik, misalnya seperti vacuum cleaner, air purifier dan hepa komersial. 

Akan tetapi ada dua jenis filter HEPA yang harus diketahui, yakni ada yang berupa permanen dan ada juga yang tidak seperti Hepa filter dan pre-filter. Hepa Filter adalah sebuah Hepa yang dapat digunakan kembali dan mudah dirawat, akan tetapi tetapi harus diingat bahwa filter HEPA permanen tidak dapat dicuci. Bahkan, jika Anda mencuci filter HEPA permanen, malah akan merusaknya. 

Alasan Kenapa Hepa Filter Harus Diganti

Hepa filter merupakan sebuah filter udara yang dapat melindungi udara ruangan menjadi lebih bersih dan aman dan dapat mencegah kedatangan virus, seperti covid-19 yang belum lama terjadi yang membuat isi dunia menjadi panik. Maka dari itu, alangkah baiknya kalau mencegah itu semua dari sekarang. 

Naah!! Dengan mengganti Hepa filter / filter udara secara rutin akan menghasilkan udara yang keluar lebih segar, lebih sehat dan lebih bersih pada saat dihirup oleh pernafasan yang melalui hidung. Hepa filter yang bersih sangat bermanfaat bagi bayi, anak-anak dan terutama bagi yang menderita alergi atau asma. 

Selain itu juga dengan mengganti filter yang sudah digunakan dan banyak sekali debu, partikel kecil yang tersumbat dapat menghemat biaya pengoperasian. Sebab, Filter yang kotor lebih banyak menggunakan energi daripada filter udara yang baru, sehingga menghasilkan tagihan listrik menjadi jauh lebih tinggi.

Bagaimana Cara Membersihkan Hepa Filter Udara

  • Lepaskas Filter Pada Casing

Awalan yang harus dipastikan pada saat membersihkan Pre-filter adalah dengan cara mematikan alat dan mencabutnya agar aman pada saat dilepas. Jika tidak yakin cara melepaskan, lihat buku panduan  sebagai petunjuk. Pastikan sebelum membuka atau melepaskan filter, alangkah baiknya memberikan alas untuk lantai dengan plastik atau kain. Hal Ini karena HEPA dan Pre-filter dapat menampung banyak debu dan kotoran, sehingga udara yang masuk akan mengakibatkan jatuh kelantai.

  • Cara membersihkan Pre-Filter

Biasanya pada filter Hepa yang permanen tentu dilengkapi dengan pre-filter dan selai itu juga ada filter karbon aktif. Pada saat pembersihan Hepa harus dilepas dan dibersihkan. Adapun untuk Pre-filter cukup dibilas menggunakan air yang langsung keluar dari keran agar mempermudah pasaat pembersihan. Sedangkan untuk filter kawat halus harus dibersihkan dengan lembut, biasanya pada saat pembersihan menggunakan sikat yang halus, apabila tidak ada bisa juga menggunakan spons basah agar dapat membersihkan sela-sela kepada kedua sisi filter. Dan sedangkan untuk filter karbon aktif dapat dilakukan dengan disedot  biasanya menggunakan alat vacum untuk menghilangkan debu dan kotoran.

  • Pasang Kembali Hepa Filternya pada Casing

Setelah melakukan pembersihan, tentu jangan lupa untuk dibilas hal ini bertujuan untuk agar lebih bersih dan tidak ada debu yang tersisa. Ketika semuanya sudah dibersihkan maka langkah selanjutnya adalah pemasang kembali komponen-komponen Hepa pada casing air. 

Leave a Reply