Kapan Sih Filter Udara pada Mobil Wajib Dicek?

filter udara pada mobil
Filter udara pada mobil sebaiknya dicek secara berkala pada setiap 10.000 km.

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Bagi Anda pemilik mobil, pasti sudah tidak asing dengan saringan udara / air filter / filter udara pada mobil. Filter udara atau saringan udara berfungsi untuk menyaring udara kotor agar tidak masuk ke dalam sistem injeksi. Jika filter udara tersebut kotor maka bisa berdampak terhadap proses pembakaran di ruang mesin.

Lalu seperti apa dampaknya?
Dampak yang ditimbulkan bisa berbagai macam, diantaranya yaitu penggunaan bahan bakar minyak (BBM) menjadi boros, mesin mobil kurang bertenaga, dan beberapa dampak lainnya yang bisa berakibat fatal.

Bagaimana cara membersihkannya?
Sebenarnya cukup mudah membersihkan filter udara / saringan udara / air filter tersebut, yaitu dengan cara menyemprotkan angin dari kompresor ke air filter tersebut. Namun perlu diingat, jika kondisi filter tersebut sudah sangat kotor, maka solusi utamanya yaitu diganti yang baru agar performa mesin mobil tetap optimal. Mesin mobil optimal maka Anda pun enak mengendarainya.

filter udara pada mobil

Filter Udara pada Mobil Wajib Cek Berkala

Dikutip dari kompas otomotif, filter udara pada mobil sebaiknya dicek secara berkala pada setiap 10.000 km. Jika melebihi 40.000 km, maka sebaiknya filter udara wajib diganti dengan yang baru. Perlu diingat bahwa jika lalai dalam melakukan cek berkala, maka bisa berdampak terhadap komponen mesin lainnya dan biaya perawatan dapat menjadi lebih mahal. Oleh karena itu, Anda sebagai pemilik mobil harus rajin melakukan pengecekan pada filter udara itu agar terhindar dari beban biaya yang muncul ketika dampak negatif yang ditimbulkan oleh filter udara tersebut.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore