You are currently viewing Distributor Filter Air Handling Unit (AHU)

Distributor Filter Air Handling Unit (AHU)

  • Post author:
  • Post category:blog

Air Handling Unit (AHU) merupakan komponen penting dalam sistem HVAC (Heating, Ventilation, and Air Conditioning) yang bertanggung jawab atas sirkulasi dan pengolahan udara di dalam bangunan. Salah satu komponen utama dalam AHU adalah filter udara, yang berperan dalam menyaring partikel-partikel yang terbawa oleh udara sirkulasi. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan peran filter AHU, jenis-jenis filter yang umum digunakan, serta pentingnya pemeliharaan dan penggantian filter secara berkala.

Peran Filter AHU

Filter AHU memiliki beberapa fungsi utama

  • Penyaringan Partikel Salah satu fungsi utama filter AHU adalah untuk menyaring partikel-partikel padat yang terbawa oleh udara, seperti debu, serbuk, bulu hewan, serat-serat, dan polutan udara lainnya. Penyaringan ini membantu menjaga kualitas udara di dalam bangunan dengan mengurangi kandungan partikel yang dapat mengganggu kesehatan penghuni.
  • Penyaringan Polutan Udara Filter AHU juga dapat membantu menyaring polutan udara gas, seperti asap rokok, bau, dan zat kimia berbahaya lainnya. Dengan menyaring polutan udara ini, filter AHU membantu menjaga udara di dalam bangunan tetap bersih dan sehat untuk dihirup.
  • Perlindungan Komponen Sistem Filter AHU juga berperan dalam melindungi komponen-komponen sensitif dalam sistem HVAC, seperti coil pendingin atau pemanas, dari kerusakan akibat penumpukan debu atau kotoran lainnya. Dengan menjaga komponen-komponen ini tetap bersih, filter AHU membantu memperpanjang umur pakai sistem HVAC secara keseluruhan.

Simak Juga : Contoh model hepa filter udara lainnya

Jenis-jenis Filter AHU

Ada beberapa jenis filter AHU yang umum digunakan, termasuk

  • Filter Partikel Kasar Filter ini biasanya terbuat dari bahan sintetis atau kertas yang memiliki serat-serat besar untuk menyaring partikel-partikel besar seperti debu kasar dan serbuk.
  • Filter Partikel Halus Filter ini memiliki kemampuan penyaringan yang lebih baik daripada filter partikel kasar, dan mampu menyaring partikel-partikel yang lebih kecil seperti debu halus, polutan udara, dan alergen.
  • Filter HEPA (High Efficiency Particulate Air) Filter HEPA adalah filter yang sangat efisien dalam menyaring partikel-partikel sangat kecil, dengan tingkat penyaringan mencapai 99,97% untuk partikel dengan ukuran 0,3 mikron atau lebih besar. Filter HEPA sering digunakan di lingkungan yang membutuhkan tingkat kebersihan udara yang sangat tinggi, seperti ruang operasi rumah sakit atau laboratorium.

Informasi Selengkapnya Kunjungi : Distributor Filter AHU

Pentingnya Pemeliharaan dan Penggantian Filter

Pemeliharaan dan penggantian filter secara berkala sangat penting untuk menjaga kinerja optimal sistem HVAC dan kualitas udara di dalam bangunan. Filter yang kotor atau tersumbat dapat mengurangi aliran udara, meningkatkan konsumsi energi, dan menurunkan efisiensi sistem HVAC. Selain itu, filter yang tidak terawat dengan baik juga dapat menyebabkan penumpukan kotoran dan bakteri yang dapat mengurangi kualitas udara di dalam bangunan dan membahayakan kesehatan penghuni.

Filter AHU adalah komponen penting dalam sistem HVAC yang berperan dalam menyaring partikel-partikel yang terbawa oleh udara dan menjaga kualitas udara di dalam bangunan. Dengan memahami peran filter AHU, jenis-jenis filter yang umum digunakan, dan pentingnya pemeliharaan dan penggantian filter secara berkala, pemilik bangunan dan pengelola fasilitas dapat memastikan bahwa sistem HVAC mereka berfungsi dengan optimal dan udara di dalam bangunan tetap bersih dan sehat untuk dihirup.